Bisnis Digital

Bisnis digital adalah segala hal terkait usaha yang memanfaatkan teknologi dalam operasionalnya, baik dalam aspek produksi dengan serangkaian unsur pemasarannya. Bisnis ini meliputi penyediaan barang dan jasa, perubahan dari jenis fisik juga berbagai usaha yang bisa dilakukan secara online.

Dengan mengubah bisnis menjadi digital, Anda dapat terhubung dengan konsumen secara cepat, melewati batasan ruang, tempat, maupun waktu. Satu sama lain bisa langsung terkoneksi hanya dengan menggunakan gadget dengan koneksi internetnya. 

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. e-commerce merupakan salah satunya. 

Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang layak  ditekuni. 

Hampir semua bisnis konvensional dapat diubah menjadi digital. Bagi Anda yang memulai usaha dengan modal minim, berikut ide-ide bisnis yang layak dicoba:

1. Toko Online

Membangun toko online adalah membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online. 

Karena potensi bisnis e-commerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik. 

Anda mungkin langsung membayangkan platform e-commerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan bijaksana. Apa saja kelebihannya?

1. Toko online Anda akan tampil beda. Baik dari sisi Brand Awareness maupun kepercayaan pelanggan. Anda bisa dengan leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan mengelola toko online dengan baik menunjukkan Anda seorang penjual yang berpengalaman. Kesan ini kurang bisa muncul ketika bergabung ke marketplace seperti Bukalapak, Shoopee dan sejenisnya.

2. Tidak tergantung  pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan mungkin muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda sesuai yang Anda rencanakan.

3. Membuat toko online  mudah. Tanpa keahlian pemrograman pun Anda mampu membuat sebuah toko online yang profesional. Saat ini, sudah banyak platform manajemen konten dengan menggunakan WordPress atau Bloger  yang memudahkan pembuatan website bahkan bagi pemula sekalipun. 

4. Bisa Gratis. Cukup banyak tersedia hosting dan domain gratis, baik yang menggunakan Content Management Sistem (CMS) WordPress, Blogger atau Google. Tapi, tentunya agar kelihatan profesional, disarankan langganan hosting dan domain, tidak mahal juga koq. Cek di sini ….

2. Bisnis Afiliasi / Referal

Bisnis Afiliasi atau Referensi adalah kegiatan memasarkan produk atau jasa milik orang lain dengan harga yang sama tapi mendapatkan imbalan berupa komisi dari pemillik barang/jasa. Biasanya berbentuk persen dari nilai transaksi. 

Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.

Jika Anda menekuni bisnis digital ini dengan baik, Anda bisa saja meraih mendapatkan passive income seperti yang saya lakukan.  Dengan memasukkan link afiliasi di website. Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global. Penyedia hosting dan domain, Niagahoster juga memiliki program afiliasi yang bisa Anda pelajari lebih lanjut di panduan ini. 

3. Menjadi YouTuber

Berapakah penghasilan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang YouTuber? Rp. 43 miliar setahun!

Ya, Anda tidak salah dengar. Ria Ricis adalah nama YouTuber dengan penghasilan tersebut. Ketekunannya dalam menyajikan konten yang menarik di akun YouTubenya membuatnya memiliki hingga 17 juta subscriber

Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten yang unik terbukti bisa menjadi sebuah bisnis digital yang menjanjikan. 

Satu hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih sukses yang sama. Anda hanya perlu memikirkan apa yang menjadi keahlian Anda dan juga menarik untuk dijadikan konten.

Dari manakah penghasilan yang Anda dapatkan? Bisa dari iklan atau dari review berbayar yang Anda lakukan. Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube.

4. Menjadi Dropshipper

Berbeda dengan Bisnis Afiliasi, dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual Anda saja. 

Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller. 

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas Anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli. 

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. 

Satu hal yang paling unik dari dropship adalah produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. 

Singkatnya, dropshipper bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Alasan dropshipping bisa menjadi bisnis digital yang menarik adalah Anda bisa memulainya tanpa modal dan menentukan sendiri produk apa yang ingin Anda jual.

5. Menjadi Blogger

Anda tentu mengenal sosok Raditya Dika, seorang penulis buku dan pemain film. Perjalanan suksesnya diawali dengan menulis di laman blog pribadinya saat itu: kambingjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang mampu mendatangkan pengunjung. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap membuat blog ini. 

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan blog Anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya? Anda bisa menyewakan space (ruang) di blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal, Iwan Banaran

Jika Anda ragu menjadikan blog sebagai bisnis digital Anda, cerita sukses para blogger ini mungkin bisa menginspirasi Anda. 

6. Menjadi Instagram Influencer

Jika Anda pengguna Instagram dengan jumlah follower yang cukup banyak, menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang yang menjanjikan. 

Mari kita melihat sosok MagdalenaF. Ia rajin membuat konten di Instagram ketika tengah mencicipi makanan di salah satu restoran. Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan yang super pedas membuat banyak orang tertarik. Hasilnya, jumlah follower yang mencapai 1,4 juta pengguna. 

Di tahap awal, Anda cukup fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda meningkat, bisa saja datang tawaran kerjasama dari pihak baik dengan melakukan posting iklan produk maupun melakukan review berbayar.

7. Penulis Konten Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan keahlian tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini. 

Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Untuk level global dengan menggunakan bahasa Inggris, pilihannya antara lain WritersWeekly. Untuk Indonesia, portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan yang serupa.

Namun, jika Anda memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

8. Mengajar Online

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus. 

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba. 

Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online seperti Udemy atau RuangGuru. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri. 

Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System). 

Jika Anda menggunakan WordPress, banyak tools yang bisa membantu Anda membuat website kursus online dengan mudah. 

9. Jasa Pembuatan Website atau Aplikasi Mobile

Jika Anda seorang developer, kemampuan Anda membuat website yang menarik bisa menjadi bisnis digital yang potensial. 

Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu. 

Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer.

Selain potensial, bisnis ini memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang Anda sukai. 

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk para pekerja lepas (freelancer) seperti Freelancer. Namun idealnya, Anda bisa menggunakan blog Anda sebagai sarana menawarkan jasa tersebut. Tentunya dengan didukung oleh portofolio hasil pekerjaan Anda sehingga membuat calon klien Anda semakin tertarik, seperti yang saya lakukan melalui AO.Production.

10 Jualan Produk Digital

Produk digital adalah sebuah produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital antara lain ebook, video, audio, dll. 

Jika Anda memiliki kemampuan bermusik yang baik dan mampu menghasilkan sebuah lagu yang berkualitas, Anda bisa menjual karya Anda tersebut. Website yang bisa membantu Anda menjual karya musik online antara lain tunecore dan songcast.

Atau jika Anda seorang penulis buku, Anda bisa menjual buku elektronik Anda di Amazon atau Apple Book

Tentu saja, Anda bisa dengan mudah menjual produk digital tersebut di website Anda sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, Anda bebas menentukan model bisnis, tarif dan cara promosinya.

11 Bisnis Digital Lainnya

Masih banyak yang bisa Anda lakukan dalam Bisnis Digital, seperti:

  1. Konsultan Search Engine Optimization (SEO)
  2. Podcaster seperti Dedi Corbuzer
  3. Dan lainnya

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *