Makassar, 27 Mei 2021. Bertempat di Kantor Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Toddopuli Makassar. PT. Pugajiou International Consulting yang merupakan  sub-contract dari Inno-Change International Consultants, Inc. di Manila, the Philippines to provide consulting services for Asian Development Bank TA-9229 REG: Support to the Association of Southeast Asian Nations Economic Community – Labor Market Activation Program (50172-002). Hadir pada pertemuan ini, Dina Oriza (Direktur Pugajinou), didampingi oleh Hasanuddin (Konsultan ELLN) dan Agunawan (Konsultan JobStart) memaparkan rencana proyek tersebut di depan Ketua APINDO Sulawesi Selatan, La Tunreng  didampingi Sekretaris Eksekutifnya Hiswandi.

Diawali oleh permintaan maaf dari Dina Oriza, terkait tertundanya kegiatan akibat Pandemi Covid-19. Proyek ELLN yang bersentuhan langsung dengan APINDO, akan melaksanakan kegiatan  Lokakarya Teaching Needs Assessment (TNA)  Juni 2021, menunggu Leadernya dari Jerman (Mr. Joe Wagner) yang tidak semudah didatangkan seperti sebelum pandemi covid karena faktor karantina. Proyek ELLN akan melakukan assesment kepada beberapa perusahaan anggota APINDO yang terkendala oleh kualitas SDMnya. ELLN akan memfasilitasi pelatihan bagi karyawan dan membiayai sepenuhnya, termasuk benefit bagi perusahaan yang karyawannya dilatih. Jelasnya dan sesekali dibantu oleh Hasanuddin.

Berbeda dengan JobStart, meski satu paket dengan ELLN, JobStart lebih terfokus pada calon tenaga kerja yang baru tamat sekolah menengah, sehingga lebih banyak bermitra dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker),  leadernya dari Australia (Mr. Steven Schmidt) seperti diungkapkan oleh Agunawan. Meski demikian, kedua proyek ini masih satu paket dan sudah berjalan sejak Juni 2019 yang tertunda sampai saat ini. ADB sebagai pemilik proyek menerapkan standar yang ketat terkait wabah Pandemi Covid-19.  Kedua proyek tertunda ini sepenuhnya ditangani oleh PT. Pugajinou International Consulting di Indonesia, tambah Dina Oriza.

Suasana diskusi semakin santai setelah paparan kerjasama APINDO dan PT. Pugajinou terutama terkait teknis pelaksanaan. Berbagi pengalaman dan oritentasi bisnis, hingga sampai pada Bisnis Digital. Rencana La Tunreng untuk meng-digitalkan usaha-usaha dan ekspansinya di tempat lain. Rencana detailnya, diuraikan panjang lebar oleh Hiswandi dan ditimpali oleh Agunawan yang merpakan Praktisi Teknologi Informasi. Beberapa pertimbangan dijelaskan terkait membangun bisnis digital, baik online maupun offline. Dan kesepakatan kerjasama lebih lanjut dicapai. Agunawan, yang juga Dosen IT, menyarankan kerjasama dengan kampusnya, sebagai implementasi tri-darma perguruan tinggi. Gagasan ini disambut tawa setelah mengetahui kampus yang dimaksud adalah STIE Nobel Indonesia Makassar., APINDO sudah tandatangan MoU bersama dengan Ketua STIE Nobel sendiri yaitu Mashur Razak yang juga merupakan Wakil Ketua APINDO Sulsel.

Suasana diskusi semakin cair dan waktupun tidak terasa, diskusi yang awalnya dilaksanakan di Warung Kopi samping kantor akhirnya pindah ke ruang rapat Apindo dan berakhir sebelum magrib.


2 Comments

Danker Schaareman · 28/05/2021 at 5:26 pm

Bukan proyek ELLN yang akan dilaksanakan bulan Juni tahun ini, tetapi salah satu kegiatannya, yaitu lokakarya Teaching Needs Assessment (TNA). Proyek itu sendiri (ELLN dan JobStart Indonesia) sudah berjalan sejak Juni 2019, namun banyak kegiatan tertunda setelah COVID-19 masuk Indonesia.

    Agunawan · 29/05/2021 at 3:15 am

    Baik Pak Danker …. Akan disesuaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *