Pengertian

(http://www.edmodo.com) Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.

Edmodo merupakan sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.

Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.

Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.

Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.

Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kelas. Setelah setiap periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kelas berikutnya.

Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.

Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya website dan database.

Fungsi

Dengan semua fitur-fiturnya, dunia maya harus menjadi media yang sempurna untuk meningkatkan kehidupan nyata pendidikan. Mencari tool pengajaran dan pembelajaran online tidaklah mudah. Untungnya, situasi telah perlahan-lahan bergeser menjadi lebih baik. Ada beberapa tool pendidikan yang hebat bermunculan di sana-sini, dan Edmodo adalah salah satunya.

Dan fungsi Edmodo sendiri bisa dibedakan berdasarkan sudut pandang berikut

Dalam Sudut Pandang Guru/Dosen

Edmodo menggambarkan dirinya sebagai “jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa”. Mereka membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang dapat Anda pilih, yaitu “I’m a Student” dan “I’m a Teacher“.

Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. api kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas.
Setelah mendaftar, Anda akan mendarat di halaman home Edmodo Anda. Ini mirip dengan Facebook, dengan beberapa modifikasi di sana-sini untuk membuatnya cocok untuk tujuan pendidikan. Area update digunakan sebagai tool untuk mengirim Notes, Alarm, Tugas, dan Polling untuk sesama siswa atau guru lainnya.

Dalam Sudut Pandang Siswa/Mahasiswa

Jika Anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi Anda, Anda juga akan memerlukan kode kelompok yang akan Anda bergabung dengannya. Ini adalah kode bahwa guru Anda akan mendapatkan ketika mereka membuat kelompok. Setelah login, Anda akan menemukan daftar kelompok bahwa Anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda. Jika Anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, memiliki kode akses dan klik tombol “Join”.
Edmodo memiliki cara untuk menjaga privasi pengguna. Konsep kelompok akan membatasi segala sesuatu yang terjadi dalam kelompok di dalam anggota kelompok. Dan karena tidak mungkin untuk bergabung dengan kelompok apapun tanpa kode akses, guru dapat menjaganya agar tidak keluar dari kelompok.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

  1. Mudah diakses
  2. User Friendly
  3. Fitur lengkap untuk pembelajaran jarak jauh
  4. Biaya minimal
  5. Mudah diaplikasikan dalam kalangan pendidik
  6. Tidak membutuhkan hardware dan aplikasi khusus
  7. Tidak sering error
  8. Orang tua dapat mengontrol hasil belajar 
  9. Guru/dosen dan siswa/mahasiswa tidak harus bertatatap muka.

Kekurangan:

  1. Sistem yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  2. Membutuhkan kesadaran siswa/mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran.

6 Comments

Mardianah · 14/05/2020 at 4:08 pm

Bagaimanakah cara menggunakan Edmudo?

    agunawan · 14/05/2020 at 9:22 pm

    Akan jelas nanti saat Webinar tentang Edmudo. Silahkan baca artikel tentang hal ini sampai pada artikel … Terimakasih

Jusmiati,S.Pd.,M.Si · 19/06/2020 at 8:02 pm

trima kasih

Maemunah · 20/06/2020 at 9:48 am

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *