Bagaimana memulai ...

Memulai Edmodo

Sebagaimana lazimnya sebuah aplikasi, tentunya Edmudo mewajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Membuat akun di Edmodo sangat mudah, kunjungi http://edmodo.com. Dan berhati-hatilan dalam mengakses situs ini, mengingat semakin meningkatnya tingkat kebutuhan terhadap akses ke situs ini, terdapat juga ulah tangan-tangan jahat yang memanfaatkan situasi. Pastikan situs yang anda adalah benar dengan meng-klik alamat url di atas.

Setelah situs edmodo sudah terpajang, langkah pertama sebaiknya dilakukan dengan pengatur bahasa ke dalam Bahasa Indonesia.

Jika pertama kali bergabung. Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan sebaiknya sudah memiliki email Google untuk kelancaran integrasi dengan Google Drive. Klik tombol SignUp.

Mendaftar sebagai guru/dosen

Pilih “Teacher Account” untuk membuat akun baru sebagai seorang guru/dosen. Isi form, registrasi dengan data-data yang valid sebagai pelengkap proses pendaftaran. Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui email, disertai petunjuk langkah selanjutnya untuk mengatur akun Edmodo Anda.

Setelah proses ini selesai, akan diarahkan untuk membuat kelas virtual atau bisa bergabung dengan kelas yang sudah ada sebelumnya.

Mendaftar sebagai siswa/mahasiswa

Sebelum siswa/mahasiswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari
guru/dosen. Sekali mereka mendapatkan kode grup ini, mereka dapat dengan mudah membuat akun di Edmodo dengan memilih tombol “Student Account. Baris pertama dalam form pendaftaran siswa akan menanyakan 6 digit kode grup yang harus diisikan. Setelah itu siswa harus mengisi username dan password yang bersifat unik. Dalam hal ini sarankan siswa untuk menggunakan nama depan ditambahkan sesuai yang unik dibelakangnya. Untuk baris firstname dan lastname, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa ini, alamat email tidak diharuskan diisi sehingga dapat diisi atau dikosongkan saja. Setelah semua baris telah diisi, silahkan pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran dapat diproses.

Prosedur mendaftar sebagai orang tua pada dasarnya sama dengan mendaftar sebagai siswa/mahasiswa yang membedakan hanya pada bagian fitur yang dapat diakses nantinya.

Pengaturan Akun

Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan/ notifikasi, mengatur keamanan, dan mengatur informasi profil. Untuk pergi ke pengaturan tersebut, silahkan pilih “Account” yang berupa menu drop down yang terdapat di pojok atas sebelah kanan halaman depan Edmodo Anda.

Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:

  1. Mengubah foto profil. Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
  2. Mengubah informasi pribadi _ Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
  3. Anda dapat mengubah kata sandi (password).
  4. Menentukan sekolah Anda. Anda dapat memilih untuk terhubung dengan sebuah sekolah atau mengubahnya. Dalam hal ini jika Anda logged in melalui subdomain sebuah sekolah misalnya “sekolahanda.edmodo.com”, Anda akan membutuhkan kode sekolah untuk berganti ke sekolah yang berbeda lainnya.
  5. Menentukan notifikasi _ pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi, Notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah
    notifikasi melalui email.
  6. Tipe notifikasi _ Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akan diterima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau
    beberapa pilihan diantaranya:
    o Alerts _ setiap ada tanda atau indikasi peringatan
    o Notes _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
    o Direct message _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
    o Replies_ setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
    o New group members _ setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.
  7. Privacy. Anda dapat memilih untuk mem-blok semua permintaan
    koneksi/pertemanan atau membuat profile Anda dapat dilihat oleh jejaring pertemanan pribadi Anda dengan cara mencentang kotak yang ada di bagian bawah privacy.

Notifikasi

Bagian notifikasi terletak di pojok kanan atas halaman depan Edmodo Anda. Di bagian ini guru dan siswa dapat melihat kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan, alerts, dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Semuanya yang tampil disini tergantung dari pengaturan notifikasi Anda sebelumnya.
Guru juga dapat melihat apakah ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru baru yang ingin terkoneksi, permintaan untuk terkoneksi, dan jika ada tugas dari siswa yang perlu dinilai.
Untuk siswa, bagian notifikasi juga akan terlihat manakala tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk dikerjakan, begitupula siswa dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh guru terhadap tugas yang sudah dikerjakan.

Sebagai Orang Tua

Akun ini merupakan sebuah langkah yang bagus untuk menginformasikan aktivitas belajar, tugas, nilai siswa kepada orangtua/wali mereka. Proses registrasi orangtua hampir sama dengan proses registrasi siswa, dengan satu tambahan keamanan yaitu setiap orangtua/wali membutuhkan kode parent yang unik untuk registrasi. Hal ini untuk memastikan bahwa hanya orangtua yang bisa berinteraksi dengan guru dan siswa./anak mereka.

Bagaimana memperoleh kode parent

Untuk diinformasikan kepada orangtua/wali murid.
· Pilih grup dimana siswa terdaftar
· Pilih “manage” di bagian daftar anggota grup ini (adanya di panel sebelah kanan)
· Di halaman manage, Anda akan melihat “Parent Code Spreadsheet” . Pilih bagian ini untuk didownload dan akan berupa file dalam format excel. Didalamnya terdapat data masing-masing siswa dengan masing-masing kode untuk orangtua/wali mereka.
Kode inilah yang harus diinformasikan oleh guru kepada orangtua/wali siswa dan kode untuk setiap orangtua siswa akan berbeda-beda (unik).

Bagaimana membuat akun orangtua/wali

Untuk membuatnya cukup mudah, orangtua/wali mengakses edmodo.com lalu pilih “Parent Account” yang ada di bawah pilihan akun guru dan siswa. Isi form registrasi dengan menyertakan kode unik orangtua/wali yang diperoleh dari gurunya, di samping itu harus diisi hubungan orangtua/wali dengan siswanya (misal sebagai ayah, ibu, dll) beserta alamat email yang valid.

Tampilan akun orangtua/wali

Di halaman depan akun masing-masing, orangtua/wali dapat melihat komunikasi/ pesan pribadi antara anak mereka dengan gurunya, setiap pesan yang bersifat umum di kelas yang disampaikan oleh gurunya, dan setiap pesan yang gurunya kirimkan khusus ke grup orangtua/wali.
Jika orangtua/wali mempunyai beberapa siswa yang terdaftar di edmodo, mereka dapat menambahkan nama anak mereka di edmodonya dengan cara mengklik tombol “Add” yang ada di panel bagian siswa sebelah kiri. Orangtua/wali juga mempunyai pilihan untuk dapat menyaring pesan berdasarkan masing-masing siswa dengan cara mengklik nama siswa yang ada didalam panel sebelah kiri.
Orangtua/wali dapat melihat notifikasi terhadap akun anak mereka misalnya saja notifikasi bahwa tugas belum dikerjakan dan sudah terlambat, notifikasi nilai yang sudah keluar dan notifikasi aktivitas berikutnya yang harus dilakukan oleh anak mereka. Disamping itu mereka juga dapat melihat daftar guru yang mengajar anak mereka.

Kalendar

Dengan kalendar yang terdapat dibagian atas menu navigasi, seorang orangtua dapat melihat aktivitas siswa dan tenggat waktu penyerahan tugas. Mereka dapat menyaring untuk dapat melihat kalendar satu anaknya saja atau kalendar semua anaknya yang terdaftar dengan cara mengklik menu drop down.

Nilai

Di halaman nilai, orangtua dapat melihat tugas-tugas yang telah diberikan guru kepada anaknya. Mereka dapat menyaring berdasarkan mata pelajaran yang anak mereka dapatkan (ada di panel sebelah kiri). Dengan cara memilih judul tugas tertentu, mereka dapat melihat hasil pekerjaan siswa yang juga anak mereka dan juga melihat komentar/feedback yang terjadi antara anak dan gurunya.
Orangtua/wali dapat melihat setiap tugas yang sudah dinilai, nilai akan tertulis “-“ untuk tugas yang tidak dikerjakan siswa, N/A untuk tugas yang diberikan untuk sebagian siswa (misalnya untuk remedial) dan “waiting” untuk tugas yang sudah dikerjakan siswa tetapi belum dinilai oleh gurunya. Dibagian paling bawah penilaian, orangtua dapat melihat total nilai yang diperoleh anaknya dari total nilai yang tersedia.

Setting

Dari bagian halaman pengaturan, orangtua dapat mendaftarkan emailnya untuk dapat dikirimkan pemberitahuan/notifikasi untuk setiap tugas, pesan dan peringatan dari guru. Orangtua juga dapat mengubah foto profil dan juga alamat email dan password jika diperlukan. Untuk cara mengaksesnya sama dengan mengubah pengaturan di bagian guru/siswa.

Bagaimana membuat atau gabung kelas virtual

Tinggal memilih menu “Classes” pada menu bagian atas dan ikuti petunjuk selanjutnya seperti pada gambar berikut.

Dan setelah Anda membuat kelas akan muncul kode kelas. Kode ini yang  akan digunakan teman guru Anda, siswa Anda, atau orang tua siswa untuk join.


2 Comments

VERAWATY . · 20/06/2020 at 10:16 pm

Ilmunya sangat menginspirasi, tidak sabar lagi rasanya ingin coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *