Makassar, Sejak wabah Covid 19 dan mempengaruhi seluruh aktivitas kehidupan manusia dan tidak terkecuali dunia pendidikan. Pemerintah mengimbau kepada kampus, sekolah dan perusahaan untuk membuat kebijakan work from home (WFH) alias kerja dari rumah untuk para karyawannya dan belajar dari rumah untuk dunia pendidikan. Tujuannya adalah meminimalisir risiko penularan virus corona yang mewabah di Indonesia.

Meski tidak bisa bertatap muka saat WFH, koordinasi pekerjaan dan pembelaran harus tetap berjalan lewat aplikasi video conference untuk virtual meeting. Salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan teleconference penunjang pekerjaan ialah Zoom Cloud Meetings.
Zoom cukup banyak digunakan oleh  yang sedang WFH. Alasannya karena aplikasi ini hanya membutuhkan bandwidth yang ringan dan tidak memakan kapasitas memori yang terlalu banyak, baik di PC atau laptop maupun di smartphone Android atau iPhone.
Selain memiliki fungsi untuk video conference, aplikasi Zoom dibekali dengan fitur membagi layar yang memuat seluruh peserta hingga 100 orang (free akun) di virtual meeting tersebut, serta dukungan Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke video conference lewat nomor HP dan email.
Menggunakan zoom di PC atau Laptop
  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  6. Klik Join a Meeting dan selamat ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.
Menggunakan Zoom di HP Android atau iPhone
  1. Download aplikasi Zoom  Cloud Meetings di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  2. Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference yang dibuat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  5. Seperti di PC atau laptop, jika anda adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, anda tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host. 
  6. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference
  7. Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting, dan selamat ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.
    Fitur-fitur
    Adapun fitur-fitur untuk melakukan virtual conference bisa kalian lihat di bawah ini:
    Schedule a Meeting
    Fitur ini mengizinkan Host untuk menjadwalkan meeting yang akan berlangsung.
    Join a Meeting
    Dengan menekan fitur ini, anda dapat bergabung bersama rekan lain yang sudah diundang lewat Copy Paste Meeting ID atau Personal Link dari Host.
    Host a Meeting
    Zoom mengizinkan salah satu orang dalam peserta meeting untuk menjadi Host atau pimpinan meeting. Jika anda menjadi Host, anda bisa menyetel meeting ini dengan tiga model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau dengan menggunakan video dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

    2 Comments

    VERAWATY . · 20/06/2020 at 9:54 pm

    Setelah membaca materi zoom ini terjawab sudah magaimana cara membuat meeting ID, terimakasih atas ilmunya pak Agunawan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *