Pendahuluan

Bagi Pengajar atau Dosen terikat oleh Tri-Darma Perguruan Tinggi. Selain sebagai tenaga pengajar, juga berkewajiban melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Bagi dosen, wajib dalam menulis artikel ilmiah terutama sebagai Penulis SINTA. SINTA bagi dosen untuk menjaring konektivitas dan mengembangkan hasil penelitian lebih luas dan lebih prospek.

SINTA adalah Science and Technology Index. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjadikan SINTA sebagai system yang diperuntukan untuk mengkomunikasikan karya iptek. Baik dari dosen maupun dari para peneliti. Merupakan sebuah Sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah dan lengkap untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. https://sinta.ristekbrin.go.id/

Akreditasi dan Indeks Jurnal

SINTA  dilengkapi dengan fitur Top 10 Affiliation Publications, fitur ini berfungsi untuk mengetahui jumlah Affiliation artikel yang publish. Demikian pula jumlah buku dan jumlah HKI suatu perguruan tinggi. Yang merupakan point penilaian klaterisasi perguruan tinggi.

Untuk jurnal Nasional, saat ini, pengindek suatu jurnal memakai sisten Sinta 1 (S1), Sinta 2 (S2), Sinta 3 (S3), Sinta 4 (S4), Sinta 5 (S5), dan Sinta 6 (S6).

Terbitnya  artikel, memiliki proses yang panjang. Banyak yang terlibat dalamnya. Mulai dari awal penelitian, manuscript, dan proses review kemudian revisi.hingga akhirnya publish.

Berikut tahapan dalam mencek akreditasi jurnal, yaitu:

  • Masuk ke laman website : https://sinta.ristekbrin.go.id/
  • Pada bagian menu, pilih Sources, kemudian Journals. Anda dapat mengubah urutan berdasarkan Impac, H-Index bahkan berdasarkan jumlah citasi atau lainnya.
  • Untuk memeriksa peringkat jurnal, terdapat bagian Search. Masukkan nama jurnal, penerbit atau lainnya.
  • Anda bisa mensortir jurnal yang akreditasi 1-6, dengan mengklik pada symbol S1, S2, S3, S4, S5, S6. Maka akan keluar jurnal sesuai akreditasi yang dipilih.
Peringkat Q dalam Scopus

Untuk mengetahui peringkat Q jurnal dalam Scopus, langkah yang dapat dilakukan adalah menyalin (copy) nama jurnal yang diinginkan.

Setelah itu, masuk ke website Scimago  di link https://www.scimagojr.com/. Tempel (paste) nama jurnal tersebut di kolom pencarian yang sudah tersedia. Klik tanda search dan akan muncul nama jurnal tersebut.

Klik nama jurnal yang dicari lalu akan muncul tampilan berupa informasi mengenai jurnal tersebut. Berikut penampakannya.

Untuk mengetahui peringkat Q dari jurnal tersebut, dapat dilihat di bagian kiri bawah

Mayoritas jurnal-jurnal dari Indonesia masuk kategori Q2, Q3, dan Q4, sedangkan jurnal yang termasuk dalam Q1 jarang (ada beberapa). Kemudian, untuk mengetahui bagaimana cara submit-nya dapat langsung ke website jurnal masing-masing karena di Scimago hanya untuk mengecek peringkat Q jurnal saja. Masing-masing jurnal memiliki author guideline dan template masing-masing dan semua itu dapat diketahui melalui website jurnalnya langsung.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *